Sabtu, 30 Oktober 2010

Daniel - Upgrade CPU


Hai guys, perkenalkan salah satu customerku Daniel. Cpunya bermasalah dalam mengenali DVD-RW SATA, pedahal motherboardnya sudah ada port SATA. Ini Speknya :
MB : VIA P4PE
Harddisk : ATA 40 GB
CDROM: 40x LG
Memori : 256+512 = 768 MB
Soundcard : SoundBlaster
dan DVD RW Samsung 22x SATA (yang bermasalah).
Dimulai dengan bios, anehnya DVD RW tidak dikenali di bios, walau SATA sudah di enable. Kemudian masuk windows, anehnya hanya dikenali sebagai CDROM, sewaktu dimasukan CD, DVDRW tidak berputar (spin up).
Cari di internet, didapat harus ada driver Fastrack yang kudu diinstall biar device SATA bisa dikenali (tapi penjelasan ini untuk Harddisk saja).
Katanya dengan menekan Ctrl+F sesudah bios,dan sebelum windows bisa login ke pengaturan fastrack, namun tidak berhasil juga. Menyerah, akhirnya diputuskan untuk membeli DVD RW yang masih ATA, di pasaran tersedia LG. Ok akhirnya kita tukeran, saya dapat DVD RW SATA Daniel (belum pernah dipakai dan pernah saya test and masih bagus), dan Daniel dapat DVD RW ATA punya saya. Problem solved :)
Catatan, belum tentu motherboard yang sudah ada port SATA langsung support device SATA, terutama untuk motherboard lama (Pentium),kalo bisa search dulu di internet sebelum beli device SATA yang teman2 mau. GBU !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar